Tentang Perhiasan Zaman Batu

Tentang Perhiasan Zaman Batu.Mengapa kita memakai perhiasan? Para ilmuwan mengklaim bahwa bahkan di Zaman Batu, nenek moyang kita mengenakan jimat tulang di tubuh dan pakaian mereka. Orang Mesir kuno menggunakan emas, akik, perunggu dan kaca berwarna untuk membuat berbagai perhiasan baik untuk orang hidup maupun orang mati. Topeng kematian para firaun adalah konfirmasi yang jelas tentang hal ini.

Tentang perhiasan zaman batu

foto oleh alexey demidov dari pexels

Dengan perkembangan kerajinan dan awal ekstraksi logam mulia dan batu, perhiasan menjadi ukuran kekayaan, kemakmuran dan status sosial seseorang. Selain itu, setiap saat sifat magis dikaitkan dengan mereka. Diyakini bahwa cincin atau liontin dengan batu atau pola tertentu dapat melindungi pemiliknya dari mata jahat, kerusakan, penyakit, dan masalah lainnya. Nah, dengan bantuan perhiasan, seseorang dapat menarik keberuntungan dalam bisnis, cinta dan kesetiaan, kesejahteraan materi. Hanya sedikit yang mampu membeli cincin atau kalung, semakin seni perhiasan dihargai. Profesi ini agak mirip dengan keterampilan seorang alkemis.

Tentang Perhiasan Zaman Batu

Saat ini, perhiasan tidak kehilangan relevansinya, baik wanita maupun pria memakainya dengan senang hati. Tetapi agar permata dapat terlihat dengan sendirinya, Anda harus bisa memakainya dengan benar. Bagaimana memilih cincin dan gelang “Anda”? Batu mana yang siang dan mana yang batu malam? Apakah emas ungu ada? Apakah usia mempengaruhi panjang rantai? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, serta fakta menarik lainnya, dapat ditemukan di bawah ini.

Untuk logam mulia termasuk emas, perak dan logam golongan platina: rhodium, iridium, paladium, platina. Setiap produk yang terbuat dari logam ini di negara kita tunduk pada tanda uji negara, yang diterapkan pada dekorasi dalam bentuk cetakan. Kehalusan pada sepotong perhiasan menunjukkan kandungan kuantitatif emas atau logam mulia lainnya dalam paduan. Misalnya, standar 585 emas yang begitu luas berarti bahwa 1 gram produk sampel ini hanya mengandung 585 miligram emas murni, dan sisanya adalah pengikat atau paduan perak, tembaga, paladium, atau nikel.

Tentang Perhiasan Zaman Batu

Nah, 999 standar berarti emas murni, tanpa kotoran. Emas putih diperoleh dengan mencampur emas kuning dan platinum, paladium atau perak. Emas merah atau merah dibuat dengan menambahkan tembaga. Rose gold juga berasal dari paduan tembaga, tetapi dalam proporsi yang berbeda. Selain itu, di dunia perhiasan, ada paduan emas yang cukup eksotis: biru (dengan tambahan indium), hijau (dengan kalium), ungu (dengan aluminium). Paduan non-plastik dan rapuh ini juga disebut metalida dan hanya digunakan sebagai hiasan, dan bukan sebagai produk independen.

Semua batu yang digunakan dalam perhiasan dibagi menjadi beberapa kelompok:

batu permata:
1 grup: berlian (berlian), safir biru, rubi, zamrud
Grup 2: safir lainnya, opal hitam, alexandrites
Grup 3: opal lainnya, aquamarine, topas, garnet hijau dan kuning-hijau
Kelompok 4: citrines, chrysolites, zircons, amethysts, turquoise, moonstones
perhiasan dan batu hias:
Grup 1: amber, perunggu, lapis lazuli, batu giok, beberapa garnet, kristal batu
Grup 2: amazonit, batu akik, rhodonit
batu semi mulia: jet, kuarsit, jasper, selenite, marmer berwarna dan lain-lain.

Tentang Perhiasan Zaman Batu

Juga dapat dicatat bahwa koral, mutiara, amber, tulang, dan jet berasal dari organik, sedangkan semua batu lainnya adalah mineral.

Semua perhiasan dibagi menjadi cincin, rantai, liontin, anting-anting, bros, manik-manik, gelang dan kalung. Mari kita lihat lebih dekat semua jenis perhiasan ini.

 

Cincin

Cincin mungkin merupakan perhiasan wanita paling populer, tetapi cincin telah ditujukan untuk pria sejak dahulu kala. Cincin kawin mengambil tempat khusus. Selain kepuasan estetika, mereka juga membawa makna sakral – mereka menyegel persatuan dua orang yang penuh kasih. Variasi cincin berharga sangat bagus: emas dan perak, platinum dan dengan batu mulia, dengan desain, bentuk, dan ukuran yang berbeda.

Omong-omong, sangat mudah untuk menentukan ukuran cincin Anda. Ambil seutas tali atau secarik kertas tebal dengan lebar 0,5 mm dan bungkus di sekitar jari yang akan Anda gunakan untuk memakai cincin. Pas harus pas. Tandai titik kontak, potong strip atau benang dan ukur dalam milimeter. Kemudian gunakan tabel di bawah ini untuk ukuran cincin untuk penduduk Rusia.

Jika keliling jari Anda dalam milimeter tidak sesuai dengan nilai dalam tabel, pilih angka terdekat dengan koreksi ke atas. Seperti yang dapat kita lihat dari tabel, di Rusia diameter cincin dalam milimeter kira-kira sesuai dengan ukurannya. Di toko perhiasan Eropa, Anda hanya perlu lingkar jari untuk menentukan ukuran cincin Anda. Saat memilih cincin dengan batu, ada baiknya mempertimbangkan kombinasi warna.

Misalnya, semakin tidak berwarna berlian (yaitu, tidak adanya pengotor kuning menentukan kualitas batu), semakin ringan logam cincinnya. Berlian terbaik (kelompok warna tidak lebih tinggi dari 3) hanya dikombinasikan dengan emas putih atau platinum. Seperti, misalnya, cincin berlian Cristell dengan harga 10.035 rubel. Nah, berlian akan terlihat lebih buruk dengan emas kuning atau merah.

Cincin berlian cristell

Batu biru dan hijau seperti zamrud dan safir dianggap sebagai batu hari dan hanya dipasangkan dengan emas putih. Batu malam lebih cocok untuk emas kuning dan merah, yaitu, yang sangat indah tepat di bawah penerangan listrik. Ini adalah rubi, garnet, citrine dan batu lainnya dengan warna merah, kuning, oranye dan ungu. Ada pengecualian: safir merah muda hanya dikenakan dengan logam putih.

Adapun cincin kawin , para ahli menyarankan Anda untuk membiasakan diri dengan bermacam-macam di toko online sebelum membeli. Tergantung pada preferensi selera Anda, Anda dapat memilih tidak hanya cincin emas kuning polos, tetapi juga cincin platinum, yang dihiasi dengan ukiran rumit atau batu mulia.

Juga harus diingat bahwa Anda tidak boleh pergi ke toko perhiasan untuk mencoba cincin di pagi hari, setelah pekerjaan fisik (termasuk bermain olahraga), serta dalam cuaca panas atau dingin yang ekstrem. Jika Anda memiliki jari yang panjang dan tipis, pilihlah cincin yang lebar. Pemegang jari pendek lebih baik membeli cincin pertunangan tipis dan anggun.

 

Rantai

Perhiasan ini sangat populer. Anda hampir tidak dapat mengelola dengan satu rantai, sehingga rentang produk yang ditawarkan sangat luas. Jadi, rantai “jangkar” emas termurah sepanjang 40 cm ditawarkan di toko online dengan harga 2.100 rubel. Nah, rantai ganda mewah “Nonna” dengan potongan berlian di dua sisi akan berharga 7.100 rubel.

Rantai jangkar, emas

Sebelum memilih, tentukan panjang rantai yang diinginkan, yang akan menekankan keunggulan Anda. Rantai pendek akan menonjolkan leher, yang tengah – pada décolleté, dan rantai panjang akan menarik perhatian ke dada pemiliknya. Usia seorang wanita juga penting. Anda harus sangat berhati-hati dengan apa yang disebut “kerah”, yaitu rantai pendek di beberapa baris, dekat dengan pangkal leher. Wanita bertahun-tahun, serta pemilik dagu ganda atau kelebihan berat badan harus menolak model seperti itu.

Selain itu, wanita usia elegan seharusnya mengenakan perhiasan yang lebih mahal dan megah, dan seorang gadis muda akan menghiasi rantai tipis dengan salib. Omong-omong, liontin harus dikombinasikan dengan ketebalan dan jenis tenun rantai dan membuat satu ansambel. Jika Anda dihadapkan pada pilihan: rantai berongga atau padat, perlu diingat bahwa rantai berongga lebih murah dan lebih ringan.

Namun, mereka lebih cenderung pecah atau berubah bentuk. Terkadang sulit untuk memperbaiki produk seperti itu. Dosa yang sama dan rantai tenun yang terlalu rumit. Perbaikannya bisa mahal, dan dalam kasus yang sangat sulit, hanya produsen produk yang dapat melakukan perbaikan.

Liontin

Liontin adalah liontin yang digantung pada rantai. Gambar ikon, salib, huruf alfabet, tanda Zodiac, atau hanya perhiasan mewah dapat digunakan sebagai liontin. Ngomong-ngomong, bukanlah kebiasaan untuk menunjukkan salib dan ikon dada kepada orang lain, karena dalam hal ini mereka digunakan untuk melindungi mata jahat, kerusakan, dan masalah lainnya. Liontin terbuat dari logam mulia dan semi mulia, batu, kulit, kaca, kayu dan sebagainya. Medali juga bisa dipakai sebagai liontin – hiasan khusus yang digunakan untuk menyimpan memorabilia atau foto.

Anting-anting

Anting, bersama dengan cincin, adalah salah satu perhiasan manusia paling kuno. Selama ribuan tahun, perhiasan telah menggunakan berbagai macam logam dan batu untuk membuat perhiasan serupa untuk wanita dan pria. Anting berbeda secara signifikan hanya dalam satu fitur: membutuhkan tusukan (cincin, setengah cincin, kancing, anting gantung);
tidak memerlukan tusukan (klip, klip magnetik).

Banyak anting juga tidak dianggap perhiasan dan merupakan perhiasan yang terbuat dari kayu, plastik, baja, kaca, dan sebagainya. Misalnya, anting-anting “Iris” dengan harga 250 rubel terbuat dari kayu dan dilapisi dengan enamel. Tentu saja, ada kalanya perhiasan tidak pantas, misalnya, ulang tahun, resepsi, acara sosial, dan acara khidmat lainnya. Dalam hal ini, Anda dapat mempesona semua orang dengan kilauan anting-anting berlian Classico dari 469.400 rubel, yang akan menekankan gaun malam paling mewah.

Bros

Sekali waktu, perhiasan ini memiliki fungsi yang sangat berguna – mereka mengikat pakaian. Nah, di zaman kita, nilainya secara eksklusif estetika, jadi pilihan bros ditentukan terutama oleh tren mode dan gaya gambar Anda. Satu-satunya aturan untuk memakai bros adalah bahwa bentuk perhiasan ini harus sesuai dengan bentuk tas atau sepatu Anda. Seperti anting-anting, bros dapat dibuat menggunakan logam dan batu mulia, serta plastik atau kayu paling biasa. Anda memiliki hak untuk membuat pilihan Anda sendiri hanya berdasarkan preferensi pribadi.

Manik-manik

Perhiasan wanita ini terbuat dari batu mulia, semi mulia dan semi mulia. Manik-manik berbeda dalam ukuran dan bentuk manik-manik dan biasanya dinamai menurut batu dari mana mereka dibuat. Misalnya, manik-manik delima di toko online dapat dibeli dengan harga 125 rubel.

Gelang

Perhiasan tangan ini mirip dengan rantai dan hanya berbeda panjangnya. Gelang dapat dibuat dari logam mulia menggunakan batu, kulit, kayu, plastik. Selain di tangan, terkadang gelang juga dikenakan di kaki. Paling sering – sebagai tambahan untuk pakaian pantai atau sorotan dalam gaya etnik. Satu hal yang penting: gelang harus sesuai dengan gaya Anda dan cocok dengan perhiasan lainnya. Ada gelang keras dan lembut. Perhiasan keras untuk tangan adalah cincin atau setengah cincin, penjepit atau zigzag.

Tentang perhiasan zaman batu

foto oleh alexey demidov dari pexels

Mereka dapat ditutup atau memiliki gesper. Gelang lunak dapat berupa gelang rantai, artikulasi atau glider. Gelang yang dipilih dengan benar tidak hanya dapat melengkapi penampilan Anda, membuatnya lengkap, tetapi juga menyembunyikan kekurangan tangan. Misalnya, wanita dengan pergelangan tangan penuh disarankan untuk memakai gelang one-piece dengan ketebalan sedang. Mereka secara visual membuat pegangan lebih tipis dan lebih feminin. Pergelangan tangan yang terlalu kurus sebaiknya disembunyikan di bawah gelang beberapa cincin atau gelang rantai dengan liontin.

Kalung

Kalung emas dengan rubi, zamrud, atau berlian adalah tahap tertinggi dalam pengerjaan perhiasan, produknya luar biasa indah dan mahal. Hal-hal seperti itu milik orang-orang yang sangat kaya dan diturunkan dari generasi ke generasi. Saat ini, Anda dapat menemukan kalung yang lebih demokratis, tidak peduli betapa paradoksnya kedengarannya. Perhiasan Moschino , misalnya, dicirikan oleh desainnya yang bergaya, terbuat dari baja berlapis emas dan dihiasi dengan kristal Swarovski.

 

Nah, bagi Anda yang ingin memulai koleksi pusaka sendiri, kami menyarankan Anda untuk membeli kalung emas dengan batu safir biru. Ini bukan hanya karya seni nyata, tetapi juga investasi modal yang andal.